5 Tips Menjalankan Meeting yang Efektif dan Produktif

By | Februari 10, 2021

Waktu yang digunakan untuk meeting cukup menyita dari semua jam kerja. Namun, meeting memang dibutuhkan untuk memperoleh dari hasil pembahasan bersama. Nah, diharapkan hasil ini dapat diaplikasikan secara berkepanjangan untuk perkembangan perusahaan yang akan datang. Agar bisa menjalankan meeting yang efektif, karena itu diperlukan manajemen yang bagus oleh semua peserta meeting. Baik itu saat sebelum, sepanjang dan sesudah meeting. Ada banyak cara yang dapat diaplikasikan supaya meeting dapat berjalan dengan produktif dan bergerak bisa lebih cepat ke arah perusahaan.

Dilansir dari Golden Course – Kursus Bahasa Inggris Online, berikut beberapa tips menjalankan meeting yang efektif untuk diterapkan.

Merencanakan meeting

Meeting yang efektif diawali pada rencana meeting tersebut. Tetapkan apa yang ingin diraih dari meeting itu. Maka memutuskan arah meeting yang akan dilaksanakan. Adanya arah karena itu meeting akan menjadi lebih konsentrasi. Janganlah lupa membuat jadwal meeting dan tentukan berapakah jumlah pesertanya dan siapa yang bisa menjadi peserta meeting.

Memastikan keperluan meeting

Anda dapat yakinkan jika beberapa undangan meeting betul-betul tiba semuanya saat sebelum menjalankan meeting. Supaya tidak ada point utama yang lewatkan. Saat sebelum diawali Anda juga dapat pastikan jika perlengkapan meeting yang dibutuhkan telah komplet. Dimulai dari spidol boardmarker, projector, netbook untuk LCD dan semua. Siapkan terlebih dahulu dokumentasi untuk meeting jika dibutuhkan.

Mengikutsertakan setiap peserta dalam meeting

Dalam meeting bakal ada beberapa orang yang bergabung pada sebuah ruang dengan bermacam jenis kepribadian. Ada yang kalem, namun ada pula yang suka memimpin meeting itu. Untuk koordinator meeting, penting untuk pastikan tiap pesertanya membuka suara dan sampaikan anjuran dan pendapat. Agar didapatkan hasil yang lengkap dari semua anggota, dibanding bila cuman satu orang yang memimpin komunitas dalam meeting.

Tindak lanjut hasil meeting

Sehabis meeting bakal ada beberapa poin yang dicatat sebagai hasil meeting dan diperkirakan akan diaplikasikan oleh semua peserta meeting. Pastikanlah sesudah menjalankan meeting jika individu masing-masing telah menyepakatinya dan memiliki komitmen untuk menjalankan hasil meeting itu. Disamping itu, janganlah lupa juga Anda lakukan penilaian berkaitan meeting yang barusan dituruti. Apa yang perlu untuk diperbarui, lantas apa saja yang telah sukses dan dapat diulangi ketika berada meeting kembali.

Lakukan perbaikan

Sama seperti yang kita ulas pada point ke-4 barusan, semua peserta meeting harus memiliki komitmen untuk menjalankan hasil meeting yang sudah disetujui. Ini memberikan dukungan agar meeting yang sudah digerakkan memberi hasil yang efektif. Maka memang seperti terlihat apa efeknya di kantor selesai meeting itu dilaksanakan. Hal itu bisa juga jadi parameter dalam menjalankan meeting yang efektif. Dengan lagi lakukan pembaruan baik dari sisi penerapan hasil meeting, atau tehnis meeting tersebut, karena itu kedepannya meeting yang dilaksanakan akan makin baik.