Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot [Lengkap]

By | Maret 14, 2021

Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot – Sekarang ini sumber info terkait panduan langkah membuat website banyak bertebaran di dunia maya. Untuk membuat website simpel, Anda bahkan juga tak perlu mempunyai kemampuan coding atau programing karena telah ada basis seperti WordPress atau Blogspot yang dapat dipakai dengan gratis oleh sapa saja.

Walau seringkali dikatakan telah basi, kenyataannya sekarang ini website masih lumayan efisien untuk mendukung aktivitas jualan. Tidak yakin? Anda dapat menunjukkan sendiri dengan mengikut tahap by tahap langkah membuat website platform Blogspot di bawah ini.

Tips Membuat Blog di Blogger

Berikut sebagai panduan langkah membuat website di blogger.com yang dapat diikuti oleh beberapa blogger pemula versi ansori.blog.stkipdamsel.ac.id.

  1. Hal pertama kali yang perlu Anda persiapkan jka ingin membuat website di Blogspot / Blogger.com ialah account Gmail. Silahkan mendaftarkan account Gmail bila sekarang ini Anda belum memilikinya.
  2. Kunjungi web www.blogger.com
  3. Click tombol “Create Your Blog”
  4. Anda akan ditujukan untuk Login. Berikut alsan mengapa dalam langkah pertama Anda harus mempunyai account Gmail. Silahkan login memakai info account Gmail Anda semasing.
  5. Buat website Anda dengan isi kolom Judul sama dalam gambar di bawah ini.
  6. Selanjutnya, isi alamat website (URL) yang bakal dipakai sebagai domain. Misalkan, “andynugblog” nanti website Anda akan mempunyai alamat di iniblogku.blogspot.com.
  7. Isi Profile Blogger dengan nama Anda, lalu click tombol Selesai
    Selamat! Website Anda telah jadi dan bisa dijangkau seperti alamat URL tadi dimasukkan ke cara keenam.

Step selanjutnya Anda mulai bisa menulis artikel posting, mengendalikan penampilan halaman muka, atau memaksimalkan SEO (Search Engine Optimization) dengan lakukan setting meta description, menautkan ke Google Search Console, sampai memadukannya dengan Google Analytics.

Cara Membuat Blog yang Menarik

Ada bermacam trick yang dapat dipakai oleh beberapa blogger pemula supaya web mereka jadi makin memikat di mata pengunjung. Beberapa trick itu dapat Anda saksikan pada ulasan di bawah ini:

1.Pakai Template Custom

Secara standar blogspot memang memberi lumayan banyak alternatif template atau topik yang dapat kita pakai. Untuk versi tahun 2021 kesempatan ini, Blogspot bahkan juga telah menambah beberapa topik baru dengan jenis minimalis – kekinian supaya masih berkaitan di tengah-tengah perubahan zaman.

Sayang, untuk kita yang ingin membuat blog professional template bawaan itu masih kurang unik untuk dipakai. Ya, Anda harus dapat cari developer template kustom yang dapat membuat template website sesuai keperluan.

Topik website kustom sendiri umumnya datang dengan bergam keunggulan dibanding template bawaan. Misalkan seperti telah memberikan dukungan slots iklan Google Adsense yang semakin banyak, telah SEO Friendly, kecepatan loading lebih ngebut, dan lain-lain.

Sebagai blogger, sahabat tentunya ingin tampil unik dan berbeda kan?

2.Maksimalkan Gambar Dalam Setiap Artikel

Siapa ngomong website cuman memerlukan tulisan? Website dapat diisi oleh video atau gambar singkat yang di embed dari service Video on Permintaan seperti Vimeo atau YouTube.

Nach, supaya website Anda makin memikat salah satunya trick-nya yaitu dengan memaksimalkan pemakaian gambar di tiap posting.

Gambar yang ditempatkan dapat berbentuk contoh, hasil tangkapan monitor, atau design grafis, tidak selalu harus berbentuk photo aktivitas.

Sedikit panduan dari Qwords.com, pakai perbedaan photo dan text secara imbang supaya pembaca tidak gampang berasa jemu dengan content yang kita tulis.

3. Menggunakan Widget di Sidebar

Widget ialah elemen tambahan yang dapat ditempatkan pada beberapa bagian tertentu untuk lengkapi penampilan website. Supaya website Anda makin memikat, karena itu harus hukumnya untuk menempatkan widget yang dapat diputuskan seperti keperluan.

Contoh widget yang kerap dipakai untuk percantik website pada tahun 2020 ialah widget populer post, widget latest post (posting terbaru), widget media sosial link, widget profile penulis, widget subscribe e-mail, widget spanduk komune, dan lain-lain.

Tempatkan beberapa widget pada bagian sidebar bila web Anda memberikan dukungan lay-out dengan sidebar. Formasi dan jumlah widget yang terpasang dapat disamakan dengan panjang artikel di homepage yang diperlihatkan.

Baiknya, status widget yang bersusun memanjang kebawah tidak melewati panjang entri posting supaya penampilan web kelihatan lebih menawan dan profesional.

4.Tambahkan Logo

Website atau web itu seperti merek yang kita bangun di dunia digital. Oleh karena itu, upayakan Anda mempunyai simbol website supaya situs Anda lebih gampang dikenang pembaca.

Tak perlu pusing, membuat simbol untuk website sekarang ini dapat dilaksanakan lewat cara online, bagaimana triknya? Anda dapat membaca di artikel website Qwords yang telah di publish awalnya: 14 Situs Pembikin Simbol Online Untuk Percantik Penampilan.

5.Pakai Domain TLD

Panduan paling akhir yang dapat Anda pakai untuk percantik website dengan mengubah alamat website bawaan jadi lebih pendek dan gampang dihafal. Triknya Anda dapat beli domain murah di Qwords.com pada harga sewa dimulai dari Rp14 ribu sampai Rp250 ribu /tahun.

Dengan mempunyai domain TLD, web atau website Anda bukan hanya akan kelihatan makin memikat, tetapi juga makin kompeten sekalian mempunyai potensi tempati rangking pertama di halaman mesin perayap Google. karena tingkat domain TLD semakin tinggi dibanding subdomain bawaan Blogspot.

Bagaimana? Bagus sekali kan?

Kesimpulan

Itu ulasan berkaitan tutorial langkah membuat blog di Blogger.com. Membuat website memang gampang dan dapat dilakukan oleh seluruh orang, tetapi tiap eksekusi pasti akan melahirkan kreasi yang berbeda, tergantung berapa besar loyalitas yang Anda miliki.