Design Thinking Adalah Solusi Kepuasan Pengguna Aplikasi

By | Februari 1, 2021

Design thinking adalah suatu proses dalam mengetahui seberapa besar sebuah produk aplikasi diterima oleh pengguna. Produk aplikasi yang kian membludak di era digital ini membuat proses ini menjadi sangat penting, agar para pengguna benar-benar menemukan apa yang dicari dan memenuhi apa yang dibutuhkannya.

Ketika memahami cara pandang design thinking ini, Anda juga bisa menerapkannya pada bidang kehidupan lainnya. Karena proses ini bisa mengintegrasikan kebutuhan pengguna dari sebuah produk, kemampuan teknologi, dan juga bisnis.

Nah, pastinya Anda penasaran apa yang dimaksud dengan design thinking ini. Simak terus ulasannya!

Apa itu Design Thinking?

Design thinking merupakan sebagai salah satu metodologi yang digunakan untuk memecahkan masalah. Lebih khusus sebenarnya metode ini untuk produk-produk digital yang banyak digunakan saat ini. Seperti aplikasi digital, website, dan berbagai produk digital lainnya. (sumber Tugaskaryawan.com)

Hanya saja dalam perkembangannya, ternyata metode ini juga bisa diaplikasikan ke dalam berbagai bidang bisnis dan kehidupan sehari-hari. Mulai dari periklanan, arsitektur, sistem engineering, hingga organisasi.

Dalam menjalankan prosesnya, metode ini bertumpu pada manusia yang terlibat, khususnya para pengguna. Setiap pengguna akan selalu merasakan tingkat kepuasan yang berbeda terhadap sebuah produk. Kebutuhan pengguna yang terpenuhi dan kepuasan yang dirasakan itulah yang kemudian akan diuji dengan pendekatan ini.

Tahapan Pendekatan Design Thinking

Tahapan pendekatan design thinking inilah yang nantinya akan menentukan bagaimana menjawab masalah yang ada dalam sebuah produk. Ada lima tahapan yang harus dilakukan, berikut tahapan-tahapannya:

 

  • Empathize

 

Pendekatan ini dilakukan dengan memahami apa sebenarnya yang dirasakan oleh user. Caranya adalah dengan langsung melakukan wawancara, survei, atau dengan mencoba untuk merasakan produk seperti para user. Sehingga nantinya didapatkan apa keinginan para user dari produk yang sudah dikeluarkan.

 

  • Define

 

Proses ini dilakukan untuk menemukan permasalahan sebenarnya dari proses pengumpulan informasi sebelumnya. Karena pastinya akan banyak sekali keinginan dari para user yang disampaikan. Analisis ini sangat penting untuk menjawab prioritas penyelesaian masalah.

 

  • Ideate

 

Tahapan ini bisa dilakukan karena adanya masalah yang sudah ditentukan dalam tahap sebelumnya. Dalam tahapan ini dilakukan brainstorming untuk menemukan berbagai macam alternatif ide yang memungkinkan dalam penyelesaian masalah tersebut.

Tidak perlu membatasi ide dulu. Semakin banyak ide muncul maka semakin banyak alternatif pemecahan masalah yang bisa dipilih nantinya. Setelah itu, baru menyeleksi dan menguji ide mana yang bisa digunakan.

 

  • Prototype

 

Dari adanya ide yang ditemukan, Anda bisa menjadikannya beberapa fitur yang menjadi alternatif penyelesaian masalah. Bisa jadi akan ada banyak fitur yang ditambahkan dalam sebuah produk. Hal ini tidak menjadi soal, karena nantinya juga akan diseleksi.

Fitur-fitur ini nantinya juga bisa diuji secara terbatas terlebih dahulu, yaitu diuji coba untuk tim dan beberapa orang dekat lainnya. Hasilnya akan didapatkan beberapa fitur yang harus dipertahankan atau tidak.

 

  • Test

 

Tahapan terakhir ini dilakukan pengujian dalam skala masif. Dimana hasil dari proses yang telah dilakukan sebelumnya diuji apakah benar-benar bisa menjawab permasalahan yang ada.

Namun, tahapan ini tidak hanya berhenti sampai disini saja. Ketika memang belum didapatkan hasil yang memuaskan bisa dilakukan tahapan secara berulang. Mulai dari ideate, atau bahkan juga dimulai dari awal lagi.

Dinamisnya proses inilah yang membuat design thinking ini bisa membuka peluang sebuah produk bisa berkembang dengan baik. Bahkan bisa saja tidak hanya sekedar menyelesaikan masalah saja, tapi juga menghasilkan produk inovatif yang lebih progresif.

Itulah design thinking yang bisa menjadi solusi dalam menjawab kekurangan sebuah produk aplikasi. Design thinking adalah metode yang dinamis dan terbuka bahkan juga untuk bidang kehidupan lainnya. Jadi, Anda juga bisa menggunakannya untuk memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari.

Farhan (20 Januari 2021). “Design Thinking : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Elemen, Tahapan, Contoh“. Tugaskaryawan.com. Diakses tanggal 25 Januari 2021.