Hei Para Mahasiswa Baru! Ini 11 Tips Agar Tak Sia-Sia Masa Perkuliahanmu

By | April 3, 2021

Hei Para Mahasiswa Baru! Ini 11 Tips Agar Tak Sia-Sia Masa Perkuliahanmu – Tahun tuntunan baru telah diawali! Untuk kamu yang baru saja lulus SMA, berikut babak hidup barumu sebagai mahasiswa. Kehidupan perkuliahan tentunya punyai dinamika yang berbeda dengan SMA. Kamu dituntut lebih jeli dan berdikari, dapat bersahabat dengan siapa dan pintar berikan motivasi diri kita.

Bila ditempuh secara baik, kehidupan perkuliahan bisa menjadi saat yang tidak terlewatkan dan benar-benar bermanfaat buat kehidupan kamu seterusnya. Yok, baca 11 panduan agar kamu dapat jalani kehidupan perkuliahan secara baik di sini!

1. Manfaatkan ospek bukan hanya sebagai ajang perploncoan. Paling tidak, carilah 3-5 orang teman.

Malas ikut-ikutan ospek karena pekerjaannya yang banyak sekali? Coba buang jauh perasaan malas kamu. Lihatlah segi positif dari jadwal harus mahasiswa baru ini. Arah ospek sesungguhnya ialah mengenalkan kamu di dunia perkuliahan. Yang terpenting, ini ialah gelaran di mana kamu dapat kenalan dengan rekan-rekan kampusmu.

Ini penting, lho! Karena rekan-rekan yang kamu dapatkan di ospek berikut yang bakal berusaha bersama sama kamu sepanjang 4 tahun di depan. Dapatkan rekan yang pas denganmu, yang dapat dibawa hangout, memberi dampak positif, dan hebat untuk berunding mengenai kuliah.

Baca Juga: Ini Dia 5 Tips Optimalkan Kuliah Online

2. Kakak kelasmu sebenarnya tidak akan menolak kamu tanya-tanya. Rasa seganmu justru akan membuat mereka memandangmu cute

Bingung sama materi kuliah? Atau bingung langkah hadapi dosen yang dikenali killer? Tidak boleh sangsi untuk bertanya panduan dan trick-nya sama senior kamu. Mereka yang terlebih dahulu hadapi beberapa hal semacam itu tentu telah mempunyai langkah tepat buat menanganinya. Tidak perlu takut dipandang mencari perhatian atau berlagak dekat. Asal niat kamu baik dan langkah pendekatan kamu asyik, senior tentu dengan suka hati akan tolong kamu. Mengenal sama senior penting juga, lho, untuk membuat jaringan kamu yang bakal bermanfaat saat kamu lulus kelak.

3. Berteman di lingkaran yang itu-itu saja saat SMA? Sekarang waktunya kamu mengubahnya

Rekan-rekan yang pertama kalinya kamu kenali di kuliah kemungkinan tentu bakal menjadi teman dekat kamu juga. Tetapi janganlah sampai kamu terjebak di lingkungan persahabatan yang itu-itu saja.

Kamu perlu memperlebar lingkaran pertemananmu. Ini akan mempermudahmu dalam beberapa hal: pekerjaan kuliah, masalah organisasi, masalah ingin berpindah kos, bahkan juga saat kamu mulai cari kerja kelak. Tentunya, persahabatan yang luas akan menolong kamu untuk membuat jaringan yang luas juga.

Baca Juga: Tips Kuliah Online Agar Menyenangkan

4. Dosen nyuruh beli buku ini-itu? Pssst… pinjam aja!

Ini ialah panduan penting yang sering terlewatkan. Tidak boleh ikut-ikutan membeli semua buku text perkuliahan. Tidak boleh dipengaruhi teman-temanmu yang punyai buku banyak sekali. Tidak boleh juga langsung yakin jika dosenmu ngomong kamu harus membeli buku yang ia referensikan ke kelas.

Harga buku-buku text itu tidak murah. Saat sebelum kamu segera membeli (atau membajaknya pada tempat fotokopian), lebih bagus mencari apa buku itu ada online di Google Books. Memang, Google Books umumnya cuman akan tampilkan beberapa bab dari sebuah buku. Tetapi dosen kamu sama: umumnya, yang bakal dipakai dalam kelas cuman beberapa bagian tertentu dari buku itu.

Jika kelas kamu memakai artikel-artikel jurnal, mencari apa artikel itu ada dengan gratis di internet. Jika universitasmu abonemen beberapa situs penyimpan jurnal seperti JSTOR, Routledge, dan Cambridge Journals, karena itu hidupmu sesungguhnya telah dipermudahkan. Kamu tinggal ambil saja PDF artikel jurnal itu dari internet dengan gratis dan legal. Disamping itu, kamu bisa juga patungan sama rekan. Jika kamu membeli buku untuk mata kuliah A, ia membeli untuk mata kuliah B. Jadi kalian dapat sama-sama pinjam. Kamu bisa juga pinjam buku-buku lama punya senior kamu.

5. Mungkin ini pertama kalinya kamu hidup dari uang bulanan tetap. Pastikan ini kamu gunakan dengan cermat

Sebagai mahasiswa, kamu akan dipandang telah dewasa oleh orangtuamu dan dituntut agar semakin berdikari. Karena tidak bisa hasilkan uang sendiri, kamu akan dikasih uang belanja oleh orangtuamu, umumnya teratur tiap awalnya bulan. Uang bulanan itu bisa menjadi ongkos hidup kamu sepanjang satu bulan penuh dan upayakan janganlah sampai kamu harus minta uang tambahan.

Untuk menghindar meminta uang tambahan, kamu harus jeli dalam memakai uang bulanan. Pertimbangkan harus berapakah kali kamu makan dalam satu hari, harus membeli keperluan apa saja untuk di kos, berapakah anggaran untuk transportasi, dan lebih bagus kembali jika kamu dapat menabung.

Pikir anggaran kamu untuk main dengan rekan-rekan. Publikasi itu perlu, tetapi janganlah sampai akhir bulanmu menderita, ya.

Baca Juga: Tips Masuk Kuliah di Masa Pandemi untuk Mahasiswa Baru

6. Sebagai mahasiswa baru, ini waktunya memberi kesan yang baik. Jangan malas — apalagi tidur di kelas

Agenda kuliah yang padat terkadang memang membuat kita lelah dan malas. Belum juga jika kuliahnya super pagi. Rasanya kamu ingin balik tidur saja.

Tidak boleh menganakemaskan rasa malasmu! Memang, sich, bujukan titip presensi ke rekan memang memikat. Tetapi, belum pasti temanmu punyai peluang karena itu. Dapat maka dosenlah yang bakal memeriksa presensi mahasiswa satu demi satu. Jika presensi kamu kurang dari ketetapan, kamu kemungkinan tidak dapat turut ujian. Percuma, kan, kuliahmu 1 semester?

Tidak boleh malas untuk kerjakan pekerjaan. Kecuali dapat menambahkan nilai, kesan-kesan kamu di mata dosen akan baik.

7. Dosen-dosenmu memang sangat sibuk. Tapi cobalah tanyakan kapan kamu bisa bertemu dengan mereka dan berkonsultasi

Konsultasi di sini bukan dalam kerangka negatif, lho. Tujuannya, coba untuk usaha dikenali secara baik oleh dosen. Keuntungannya? Banyak! Kecuali kamu dapat dialog berkenaan materi kuliah, kamu bisa juga turut project riset yang ditempuh sama dosenmu. Turut project riset ini menjadi pengalaman bekerja kamu dan tentu saja kamu akan mendapatkan uang belanja tambahan yang cukup untuk menganakemaskan diri atau sekadar hangout dengan rekan-rekan. Oh, ya. Pengetahuan yang didapatkan dari turut project riset banyak dan bermanfaat untuk kamu.

Disamping itu, dekat sama dosen akan mempermudahmu minta surat referensi jika kamu ingin mendaftarkan beasiswa ke luar negeri. Ingin donk, habiskan 1-2 semester di luar negeri dengan ongkos negara?

8. Tolong jangan jadi mahasiswa kupu-kupu. Selagi punya waktu, ini saatnya mengeskplorasi bakat dan minatmu

Kuliah ialah saat yang pas buat kamu mengeksplor bakat dan minat kamu. Jika di SMA dahulu kamu turut ekstrakurikuler tertentu, kamu dapat teruskan minatmu itu dengan ikut-ikutan Unit Aktivitas Mahasiswa (UKM). Dari sisi salurkan ketertarikan dan talentamu, UKM bisa juga jadi tempat kamu untuk memperlebar persahabatan karena cakupannya yang meliputi 1 kampus.

Kecuali turut UKM, kamu bisa juga turut beberapa organisasi dalam atau luar kampus. Dengan tergabung di dalam organisasi, kamu bisa mempertajam jiwa kepemimpinanmu dan belajar untuk mengatur aktivitas kampus. Banyak pula lowongan kepanitiaan moment di luar kampus yang dapat kamu turuti, seperti panitia acara musik atau festival film. Tidak ada kelirunya untuk tergabung karena kamu segera dapat pengalaman yang luar biasa.

9. Atur waktumu dengan membuat jadwal khusus. Misalnya, acara UKM hanya ada di hari Senin atau Selasa

Agenda kuliah yang padat, latihan di UKM, rapat organisasi, main dengan rekan-rekan, dan deretan aktivitas yang lain makin lama akan membuat kamu kerepotan. Tidak tutup peluang, agenda padat itu dapat memberi dampak buruk pada nilaimu.

Jadi sejak dari awalnya kamu harusnya tahu yang mana jadi fokus utama khusus. Kamu harus tahu aktivitas yang mana harus dan selekasnya kamu kerjakan lebih dulu. Mengatur waktu sebaik-baiknya agar aktivitasmu imbang, dan tidak ada pekerjaan atau kewajiban akademis yang kewalahan. Tidak ada kelirunya untuk beli buku jadwal untuk menulis semua aktivitasmu sehari-harinya.

Baca Juga: Tips Mahasiswa Baru Ini Wajib Diikuti Agar Lancar Selama Kuliah

10. Cobalah bersikap ramah pada siapa saja. Kamu tidak tahu siapa yang akan membalasnya dengan keramahan yang sama

Ramah ke rekan? Sudah tentu. Ramah ke senior? Ini harus. Ramah ke dosen? Apa lagi! Tetapi yang berada di kampus tidak cuman mereka saja, lho. Masihlah ada karyawan akademis, petugas kebersihan, dan petugas keamanan. Berlaku ramah ke mereka bisa memberi keringanan pada kita. Saat kita ada kesusahan dengan masalah administrasi kampus, karyawan akademis akan suka hati menolong kita bila kita berlaku ramah ke mereka.

Begitupun dengan petugas kebersihan dan keamanan. Saat kita kehilangan barang di kampus, tentu mereka akan suka hati menolong cari barang itu. Tidak ada kelirunya ramah ke semua orang di kampus karenanya ada mereka, kehidupan kampus kita akan berjalan secara lancar.

11. Tips terakhir yang ampuh: cari gebetan atau pacar!

Punyai gebetan di kampus dapat membuat kamu semangat buat ke kampus, lho, hehehe. Kamu tidak perlu mencari yang betul-betul kamu senang untuk dijadiin gebetan. Mencari saja figur yang dapat membuat kamu takjub dan terpacu agar semakin rajin tiba ke kampus. Sukur-sukur jika kamu dapat dekat atau justru kekasihan dengannya.

Tetapi, janganlah sampai ini mengusik kuliah kamu, ya. Karena itu kamu harus pandai-pandai tentukan gebetan.