Ini Dia 5 Tips Optimalkan Kuliah Online

By | April 4, 2021

Ini Dia 5 Tips Optimalkan Kuliah Online – Kuliah online sekarang ini jadi kegiatan rutin baru untuk beberapa mahasiswa di periode wabah Covid-19. Walau semua dapat ditangani dengan kehebatan tehnologi, tetapi perkuliahan online ini terkadang masih memunculkan masalah.

Ada anjuran dari pemerintahan untuk mengaplikasikan physical distancing membuat beberapa aktivitas terhitung perkuliahan harus dilaksanakan di dalam rumah.

Walau banyak keunggulan pada perkuliahan online, ada juga beberapa kendala yang perlu ditemui. Dimulai dari masalah tehnis yang mengakibatkan dosen dan mahasiswa miskomunikasi. Belum juga koneksi internet yang berbeda di setiap kota.

Mencuplik situs iteba.ac.id, ada banyak hal yang dapat dilaksanakan untuk memaksimalkan kuliah online. Walau di dalam rumah saja, beberapa mahasiswa masih jadi angkatan muda yang berprestasi dan produktif.

1. Datang on time

Jadi mahasiswa aktif dalam kuliah daring adalah panduan sukses kuliah online. Perkuliahan online tentu saja mengirit waktu karena tak perlu habiskan waktu untuk perjalanan ke arah kampus.

Tetapi di lain sisi, mahasiswa dituntut supaya bisa bertanggungjawab dengan elastisitas waktu sepanjang kuliah daring.

Satu bentuk tanggung jawab yang bisa dilaksanakan ialah datang dan datang di ruangan kelas virtual on time.

Bila sukses mengaplikasikan ini sepanjang perkuliahan daring, pasti lebih dihargai oleh dosen. Disamping itu, mahasiswa tidak boleh sangsi untuk menanyakan terlebih bila masihlah ada materi yang masih belum dimengerti.

Baca Juga: Tips Masuk Kuliah di Masa Pandemi untuk Mahasiswa Baru

2. Tidak boleh tunda pekerjaan

Tidak boleh tunda pekerjaan bukan jadi masalah susah asal punyai niat dan kemauan. Hingga tunda pekerjaan saat wabah harus dijauhi supaya beberapa tugas yang lain tidak menimbun.

Bila memungkinkannya, lakukan pekerjaan atau ulang materi kuliah pada awal hari karena pagi hari sebagai saat yang terbaik untuk ingat bukti dan angka.

3. Buat situasi kuliah yang bagus

Membuat situasi yang bagus untuk kuliah online akan tingkatkan mood belajar. Walau tak perlu tiba ke kampus, tetapi saat mengikut kuliah online, mahasiswa harus tetap kenakan pakaian bersih dan rapi.

Dengan lakukan ini, dapat membuat situasi yang bagus dan tingkatkan semangat belajar seperti saat kuliah tiba ke kampus. Kemauan untuk belajar jadi lebih positif dan pemikiran juga bisa terbuka lebar.

Baca Juga: Tips Mahasiswa Baru Ini Wajib Diikuti Agar Lancar Selama Kuliah

4. Mencari ruangan belajar yang nyaman

Ruangan belajar yang nyaman bisa menolong lebih fokus saat mengikut kuliah daring.

Bila mengikut perkuliahan di lokasi yang kurang nyaman pasti ini mengakibatkan susah fokus saat dosen sampaikan materi. Cari ruang yang tenang supaya aktivitas belajar mengajarkan bisa dilaksanakan tanpa destruksi.

5. Menyesuaikan dengan kuliah daring

Perkuliahan online yang telah berjalan beberapa bulan ini menuntut mahasiswa dan dosen terus menyesuaikan.

Langkah kuliah online pasti lebih fleksibel dibanding kuliah dengan bertemu muka. Hal tersebut menuntut mahasiswa dan dosen untuk selalu menyesuaikan dengan mekanisme dan rutinitas-kebiasaan baru dalam perkuliahan daring.

Baca Juga: Tips Kuliah Online Agar Menyenangkan

Senang duka kuliah online

Salah satunya mahasiswa Kampus Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) jalur Keperawatan Elviana Wijayanti mengutarakan senang dukanya sepanjang mengikut kuliah online.

Salah satunya masalah yang ditemui ialah koneksi internet yang muncul terbenam di tempat tinggalnya yang ada dalam Prambanan, Sleman, DIY. Disamping itu paket internet yang dikeluarkan sepanjang kuliah daring cukup membesar.

“Saya pernah miskom dengan dosen, ditambah saat memberi pekerjaan. Miskom dengan rekan seringkali terjadi,” papar Elviana ke Kompas.com, Rabu (3/2/2021).

Tetapi di lain sisi, kuliah online ini bawa elastisitas waktu untuknya. Apa lagi Elvi sebagai mahasiswa yang aktif dalam organisasi dan di luar kampus.

“Karena mobilisasinya tinggi, terkadang turut kuliah di dalam rumah rekan atau di mushola. Yang perlu kemana saja membawa netbook,” papar Elviana.