Keuntungan Menggunakan Jasa Rekber yang Harus Anda Ketahui

By | Februari 24, 2021

Keuntungan Menggunakan Jasa Rekber yang Harus Anda Ketahui – Adakalanya saat akan berbelanja melalui online shop muncul perasaan ragu-ragu hingga akhirnya membatalkan order secara sepihak. Hal ini tidak hanya membuat Anda rugi waktu, bagi pemilik online shop pun akan merasa kecewa karena harapannya untuk mendapatkan pembeli pupus akibat pembatalan order tersebut.

Dari sinilah akhirnya muncul gagasan tentang rekening bersama atau terkenal dengan istilah rekber. Dengan menggunakan metode ini, baik penjual maupun pembeli akan merasa aman ketika melakukan transaksi jual beli.

Apa Itu Rekber

Pengertian dari rekber adalah pihak ketiga yang digunakan sebagai sarana transaksi online antara penjual dan pembeli yang tidak bisa bertemu secara langsung. Hal ini sangat membantu bagi kedua belah pihak untuk meminimalisir penipuan online yang marak terjadi.

Dengan menggunakan jasa rekber sebagai metode pembayaran, secara tidak langsung akan meningkatkan rasa percaya konsumen terhadap kredibilitas suatu online shop. Sebab, uang yang sudah masuk ke rekening bersama tidak akan ditransfer ke pihak penjual jika barang belum sampai di tujuan (pembeli).

Keuntungan Menggunakan Rekening Bersama (Rekber)

Meningkatnya minat masyarakat akan belanja secara online diiringi dengan maraknya penipuan online yang berkedok sebagai penjual barang dengan harga murah. Untuk mencegah semakin banyaknya jumlah orang yang tertipu, penggunaan rekber dianggap perlu saat akan melakukan transaksi online.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, saat masyarakat harus membatasi berinteraksi dengan orang lain. Tentunya kehadiran rekber menjadi suatu hal yang sangat menguntungkan tidak hanya bagi pemilik bisnis rekber saja. Bahkan, bagi owner online shop dan calon pembeli pun ikut merasakan keuntungan dengan hadirnya metode ini.

* Bagi Pemilik Bisnis Rekber 

Sebagai pengusaha, menyediakan jasa rekber bisa mendatangkan keuntungan yang menarik bagi kelangsungan bisnisnya. Beberapa keuntungan tersebut diantaranya adalah:

Modal Terjangkau

Saat akan mendirikan usaha, modal merupakan hal utama yang harus disiapkan. Untuk bisnis yang satu ini, modal yang dibutuhkan tidak sebesar saat mendirikan usaha yang harus menyediakan tempat untuk penyimpanan barang karena termasuk sebagai usaha jasa.

Alokasi dana modal yang paling besar adalah saat akan membuat sistem rekber dan badan hukum. Selain itu, Anda juga akan membutuhkan sejumlah modal untuk meningkatkan reputasi bisnis rekber yang Anda miliki.

Salah satunya adalah dengan mengikuti berbagai forum diskusi internet dan modal untuk promosi ke berbagai platform. Seperti, koran, majalah, membuat brosur, promosi ke media sosial, menyebarkan link jasa rekber ke blog atau situs lain, dan sebagainya.

Fee Menarik

Keuntungan kedua yang bisa dirasakan oleh pemilik bisnis rekber adalah fee atau pungutan biaya yang dikenakan atas penggunaan jasa rekening bersama. Nilai dari fee ini bervariasi, biasanya tergantung dari nominal transaksi dan juga kebijakan dari pemilik rekber.

Sebagai gambaran, biaya untuk transaksi Rp50 ribu hingga Rp199 ribu ada di kisaran Rp10 ribu per transaksi. Kemudian, untuk transaksi senilai Rp200 ribu hingga Rp500 ribu dikenakan fee Rp20 ribu per transaksi.

Dan bahkan ada pula fee yang mencapai Rp200ribu jika jumlah transaksinya senilai Rp100 juta keatas. Intinya, semakin besar nilai transaksi yang terjadi akan semakin tinggi pula fee yang dikenakan apabila menggunakan jasa rekber.

Jika dalam satu hari jumlah transaksi yang menggunakan fasilitas rekber mencapai 500 hingga 1000 transaksi dengan nilai rata-rata per transaksi dikenakan fee Rp20 ribu. Maka, jumlah penghasilan pemilik rekening bersama ini bisa mencapai Rp10 juta hingga Rp20 juta per hari.

Tidak Butuh Lokasi Usaha

Keuntungan ketiga yang bisa dirasakan oleh pemilik usaha jasa rekening bersama adalah bisa dioperasikan dimana saja. Anda bisa menjalankan bisnis yang satu ini dari rumah tanpa harus menyewa tempat sebagai lokasi usaha.

Artinya, untuk bisa memiliki usaha jasa rekber tidak perlu mengeluarkan modal lebih untuk membeli atau menyewa tempat. Hanya dari rumah, Anda sudah bisa menghasilkan uang dengan syarat memiliki perangkat yang dibutuhkan yaitu alat telekomunikasi, jaringan internet yang lancar tanpa lag, dan gadget.

* Bagi Penjual

Kehadiran usaha jasa rekening bersama ini secara tidak langsung mendatangkan angin segar bagi penjual, terutama bagi kalangan yang baru merintis usahanya secara online. Sebab, dengan rekber bisa memberikan keuntungan yang menarik, diantaranya adalah:

Kredibilitas Meningkat

Online shop yang menggunakan jasa rekening bersama mampu meningkatkan kredibilitasnya di mata pembeli. Secara tidak langsung, reputasinya pun akan semakin bisa diandalkan oleh konsumen.

Menghilangkan Faktor No Trust

Dengan menggunakan jasa rekber mampu menghilangkan rasa tidak percaya (faktor no trust) pada diri calon pembeli. Khususnya saat akan membeli di online shop yang baru berdiri, tentu akan timbul rasa curiga dan was-was serta takut tertipu.

Apabila pihak penjual menyediakan rekber di metode pembayarannya, walau online shop tersebut terbilang masih baru merintis usahanya. Maka, calon pembeli akan merasa lebih aman saat melakukan transaksi pembelian.

Meningkatkan Penjualan

Satu lagi keuntungan jika menyediakan rekber di metode pembayaran untuk online shop. Yaitu mampu meningkatkan omset penjualan, termasuk online shop yang baru memulai usahanya. Selain itu, dengan adanya rekber juga membuat area pemasarannya menjadi semakin luas.

* Bagi Pembeli

Kehadiran metode pembayaran yang menggunakan jasa rekber memberikan beberapa keuntungan bagi pihak pembeli. Keuntungan-keuntungan tersebut diantaranya adalah:

Lebih Aman

Pembeli bisa melakukan transaksi secara online dimana saja asalkan memilih penjual yang menyediakan rekber. Sebab, dengan menggunakan rekening bersama, uang yang telah ditransfer tersebut tidak langsung masuk ke rekening penjual, melainkan masih disimpan di rekber. Intinya, uang akan tetap aman selama barang pesanan masih belum diterima.

Service yang Lebih

Selain aman, pihak pembeli pun akan mendapatkan service yang lebih dari penjual. Sebab, untuk bisa menggunakan jasa rekening bersama ini, pemilik toko online harus mematuhi ketentuan yang sudah ditentukan oleh pengelola jasa rekening bersama.

Lebih Santai tanpa Khawatir

Dengan menggunakan jasa rekber membuat acara belanja online akan terasa lebih menyenangkan dan santai. Selain itu, pembeli juga tidak dihinggapi perasaan khawatir atau cemas yang berlebihan. Pembeli bebas memilih item yang diinginkan secara online walaupun tidak bertemu secara langsung dengan pihak penjualnya.

Ini dikarenakan pembeli memiliki level trust yang sama terhadap online shop yang menggunakan rekber. Pihak pengelola rekber memberi jaminan bahwa uang akan ditransfer ke pihak penjual apabila barang yang dipesan sudah sampai ditangan pembeli dengan utuh.

Simpulan

Dengan menggunakan rekening bersama, proses yang harus dilalui memang lebih panjang jika dibandingkan dengan langsung berhubungan dengan pihak penjual. Ditambah dengan adanya biaya atas penggunaan jasa rekening bersama tersebut.

Namun, semua itu akan terasa lebih aman dan tenang karena nilai fee untuk pihak penyedia rekber sebanding dengan resiko terhindar dari penipuan online. Intinya, pilihlah jalur yang aman dalam melakukan transaksi online, yaitu dengan menggunakan jasa rekber yang terpercaya.