Tips Menulis  Cerpen dari Pengalaman pribadi

By | Juli 26, 2020

Menulis cerpen yang mengambil dari cerita perjalanan hidup kita sendiri itu sangat menyenangkan. Membayangkan, pengalaman hidup kita akan dibaca oleh banyak orang tanpa diketahui bahwa sebenarnya adalah kisah nyata yang kita adopsi menjadi sebuah cerpen.

Kesulitan dalam menulis cerpen untuk pemula adalah mencari ide penulisan. Ide penulisan yang akan diimplementasikan dalam bentuk tema, sebenarnya tidak susah di cari, tergantung pada kreativitas dari si penulis. “writters block” sebelum memulai atau saat ditengah-tengah menulis sering dialami oleh penulis, tidak hanya oleh penulis cerpen pemula, akan tetapi oleh penulis cerpen yang sudah berpengalaman. Banyak cara yang bisa kita ambil untuk mengatasi kebuntuan dari ide penulisan, salah satunya adalah dengan mulai menulis dari pengalaman pribadi kita sendiri.

Perjalanan hidup yang kita alami sendiri justru membuat alur cerita menjadi lebih mengalir. Tinggal kita tambahkan bumbu-bumbu saat penulisan. Jika kita tiba-tiba kehabisan ide saat ditengah-tengah menulis karena tuntutan jumlah kata, kita bisa rileksasi sejenak, mencari dan membayangkan tempat yang kita sukai, membayangkan masa kecil kita yang bahagia dan merunutkan kejadian yang kita tulis dengan cara membayangkan hal-hal menyenangkan yang pernah kita alami terdahulu, kemudian mulai kita runutkan ke bagian yang ingin kita tulis.

Sebenarnya banyak hal yang bisa kita angkat menjadi cerpen dari pengalaman pribadi kita sendiri, seperti :

  1. Perjalanan kisah cinta saat pendidikan sekolah menengah dan kuliah
  2. Momen hidup yang paling berkesan dan tidak terlupakan
  3. Pengalaman mendapatkan pencerahan religi
  4. Cerita persahabatan dengan teman
  5. Kisah horor yang pernah kita alami

Sekarang yang menjadi kendala adalah langkah awal kita dalam menulis cerpen. Apalagi bagi pemula yang belum memiliki kemampuan menulis. Tapi sebenarnya penulis yang sudah ahli membuat cerita, awalnya juga mempunyai pikiran yang sama. Cuma mereka mulai dengan langkah kecil diawal, melangkah dan belajar perlahan.

Untuk penulis cerpen pemula, menulis cerpen dengan mengangkat pengalaman pribadi adalah cara terbaik saat mulai melangkah awal

tips menulis cerpen tentang pengalaman pribadi :

  1. Ambil kisah yang memang tidak bisa kita lupakan
  2. Mempunyai pesan moril yang kuat
  3. setting tokoh dan latar yang baik dan menarik bisa memancing pembaca untuk hanyut didalam imajinasi
  4. Mulai langkah awal menulis
  5. memperbaiki tulisan, review ulang dan meminta saran kepada kawan terdekat untuk membaca

itu 5 tips yang bisa kamu pakai saat mulai melangkah awal menulis cerpen, semakin banyak menulis kumpulan cerpen yang kamu buat semakin meningkat, kemampuan juga meningkat.

langkah awal kamu bisa menulis cerpen di situs kumpulan cerpen . situs kumpulan cerpen dan menulis cerpen untuk pemula yang bagus untuk publikasi dan meningkatkan kepercayaan diri. Langkah untuk mulai menulis cerpen di situs kumpulan cerpen okeylah.com

  1. Buka menulis cerpen
  2. Buka menu atas , klik daftar atau masuk
  3. Isi daftar yang harus diisi
  4. Baca panduan tata cara menulis di situs
  5. Mulai menulis